Monday, January 18, 2010

INDOPRIX 1 - Sentul : Rey Ratukore Menang Tanpa Dapat Poin



JAKARTA, 15 Maret 2009 – Meski diliputi mendung dan sedikit gerimis hujan, Gelaran balapan bergengsi tingkat nasional Indoprix seri 1, Minggu (15/03) berlangsung seru dengan pertarungan para pembalap top nasional untuk memacu motornya menjadi yang tercepat,.

Sang juara umum Indoprix 2008, Hokky Krisdianto dari tim Yamaha Petronas FDR Star yang start dari posisi pertama di kelas IP 110 masih mendominasi sebagai leader saat balapan berlangsung. Namun pembalap asal Muntilan Jawa Tengah hanya sukses naik podium 2 kelas 110 cc, karena kalah duel dengan Owie Nurhuda dari tim Suzuki justru di lap terakhir.



Meski start dari grid belakang saat kelas IP 110 karena terdiskualifikasi saat sesi kualifikasi sehari sebelumnya, para pembalap Suzuki memang membuktikan ketangguhannya. Pada putaran pertama di kelas ini, pembalap Suzuki IRC U Mild AHRS, Wahyu Widodo berhasil menjadi yang terdepan. Pembalap tim Suzuki lainnya Ahmad Kohar juga menduduki perolehan peringkat kedua, diikuti oleh Sigit PD dan H Yudhistira dari Yamaha di posisi ketiga dan keempat serta Hokky Krisdianto pada urutan kelima. Namun keberuntungan tidak berpihak pada Wahyu dan Yudhistira di putaran kedua IP 110, kedua pembalap ini jatuh dengan status DNF (did not finish).

Pada kelas IP 110 ini Dedy Fermadi yang memegang rekor waktu tercepat di lap putaran pertama harus puas menduduki posisi kesepuluh. Rekor Dedy pada lomba kali ini mengalahkan rekor Florianus Roy di IP tahun 2007 dengan catatan waktu 02:00:642. Sementara pembalap andalan Suzuki IRC U Mild AHRS, M Fadli bertengger manis pada posisi ketujuh dengan perolehan waktu terbaiknya 02:01:241. Kendala setingan mesin dialami oleh motor besutan Fadli.


Sementara tim pendatang baru, Kawasaki ELF IRC NHK Rextor Manual Tech Racing Team akhirnya membuktikan diri sebagai debutan baru terbaik diajang Indoprix Seri 1 ini. Pada putaran pertama kelas IP 110 Hadi Wijaya yang memulai pertandingan dari grid kelima, kemudian menduduki posisi ke-enam saat finish. Namun saat putaran kedua IP 110, Hadi Wijaya memperbaiki posisi terakhirnya menjadi urutan kelima. Hasil akhir dari kedua putaran memperkuat analisa para penggemar acara balap penuh adrenalin ini, bahwa pemetaan Kejurnas Indoprix sudah berubah.

Setelah dua putaran IP 110 selesai, hasil akhir menyatakan Hokky Krisdianto sebagai pemenang podium tertinggi dengan perolehan poin 31, diikuti oleh Ahmad Kohar dan Owi Nurhuda, keduanya dari Top1 BRT SHC FDR Chia Felix dengan poin masing masing 30 dan 25, Wahyu Widodo dari tim Suzuki IRC U Mild AHRS di posisi keempat meraih poin 25 dan Hadi Wijaya dari ELF IRC NHK Manual Tech dengan poin 21.

Di kelas IP 125, saat putaran pertama, insiden pengaturan mesin kembali melanda M Fadli (Suzuki IRC U Mild AHRS) sehingga tidak menyelesaikan pertandingan dengan sempurna. Pada lap ke-sepuluh putaran pertama, juara umum Indoprix 2007 ini mengalami masalah dengan mesin motor bebek 125 cc miliknya. Padahal posisi Fadli sudah berada pada urutan terdepan dan siap untuk menaiki podium kemenangan. Kekecewaan Fadli harus terobati dengan pertandingan putaran kedua IP 125 cc.

Kedudukan posisi pun berubah, kondisi gagal mesin pada Fadli memberi peluang besar kepada Rey Ratukore dari BRT Indopart KBC sebagai pemegang posisi pertama dibuntuti oleh Hadi Wijaya dari Kawasaki, Denny Triyugo dari Petronas FDR Star, Irwan Ardiansyah dari Evalube FDR Yonk Jaya dan Florianus Roy dari TDR Indopart FDR Rextor GRM.

Pemegang rekor kecepatan terbaik IP 125 cc diraih oleh Irwan Ardiansyah dengan catatan waktu 01:58:867, namun belum bisa mengalahkan rekor pembalap Hadi Wijaya 01:58:027 yang dicetak tahun lalu. Rekor Hadi Wijaya ini dicetak ketika ia masih dalam tim Suzuki Chia Felix, sedangkan untuk tahun ini Hadi yang baru saja bergabung dengan tim Kawasaki ELF IRC NHK Manual Tech (01:59:036) belum bisa mengalahkan rekornya sendiri.

Pembalap Hokky Krisdiantoro bernasib sama dengan M Fadli, Hokky tidak bisa menyelesaikan balap putaran pertama dikarenakan alas an teknis kendaraannya. Ia mundur pada lap ke-empat bersamaan dengan Owie Nurhuda dari tim Suzuki TOP1 BRT SHC FDR Chia Felix. Dedy Fermadi harus puas dengan urutan ke-delapan, sementara Wahyu Widodo menyelesaikan lomba pada posisi ke-sebelas. Jalur sirkuit Sentul dengan jarak tempuh 3,96 km ini telah menjadi saksi pertarungan para pembalap dari berbagai tim pada seri 1 Kejurnas Indoprix yang penuh dengan kejadian yang tidak terduga.

Kejadian tidak terduga pun banyak menyeliputi pada putaran kedua IP 125 cc, Hadi Wijaya mengalami masalah mesin pada lintasan lurus di lap terakhir. Padahal para pendukung sudah menjagokan Hadi yang mulus bercokol di posisi pertama menjelang lap terakhir putaran kedua.

Akhirnya, pemenang Kejurnas Indoprix seri 1 kelas 125 cc adalah Rey Ratukore dari BRT Indopart KBC dengan perolehan waktu 01:59:465. Sayang, pada akhir lomba ketua bidang olah raga PP IMI, Irawan Sucahyono menyatakan,” Rey tidak akan memperoleh nilai dari pertandingan kejurnas ini, karena merupakan peserta wild card”. Peserta wild card yang dimaksud, Rey merupakan peserta undangan dari ATPM untuk menjajal kekuatan mesin Honda. “Saya belum tahu mengenai perjanjian jangka panjang dari ATPM, saya hanya menikmati pertandingan ini dengan teman-teman”, tanggap Rey Ratukore kalem.

Walhasil, Dedi yang tadinya finish di urutan kedua, naik menjadi peringkat pertama. ”Alhamdulilah saya berhasil memenangkan pertandingan ini pada urutan kedua, tetapi saya masih belum puas dengan karakter racing line (jalur balap) saya. Semoga saja di balapan selanjutnya saya bisa memperbaiki”, katanya berbinar-binar.

Hasil akhir dari Indoprix putaran kedua kelas 125 cc, dimenangkan oleh Denny Triyugo, Dedy Fermadi, Dwi Cahyono, Irwan Ardiansyah dan Florianus Roy. Perolehan waktu tercepat rata-rata total diraih oleh M Nurgianto dengan waktu 01:58:578.


Hasil Akhir Kejurnas Indoprix seri 1 Sentul, Bogor-Jawa Barat

IP 110cc
No Nama Pembalap Team Motor Poin
1 Hokky KrisdiantoPetronas FDR Star Yamaha 31
2 Ahmad Kohar Top1 BRT SHC FDR Chia Felix Suzuki 30
3 Owi Nurhuda Top1 BRT SHC FDR Chia Felix Suzuki 25
4 Wahyu Widodo Suzuki IRC U Mild AHRS Suzuki 25
5 Hadi Wijaya ELF IRC NHK Manual Tech Kawasaki21

IP 125cc
No Nama Pembalap Team Motor Poin
1 Denny Triyugo Petronas FDR Star Yamaha 40
2 Dedy Fermadi Kephoth Federal Indopart KBC Yamaha 34
3 Irwan A. Evalube FDR Rextor GRM Yamaha 29
4 Florianus Roy TDR Indopart FDR Yonk Jaya Yamaha 24
5 Dwi Cahyono Daytona Nagata Yamaha 22

No comments: