Monday, January 18, 2010

INDOPRIX 2 - Sentul : Perang Strategi di Indoprix Sentul

JAKARTA, 10 Mei 2009 – Balapan tak sekedar motor kencang. Butuh kecermatan dan strategi jitu. Agar bisa juara, selain tenaga besar harus didukung pula kemampuan menyusun strategi balap. Pelajaran ini yang didapat di race pamungkas di putaran kedua Indoprix 2009 yang berlangsung di sirkuit Sentul, Jawa Barat, Minggu (10/5).

Suhu sirkuit yang sangat panas saat race day, nyaris mencapai 38 derajat celsius, menguras daya tahan motor, ban dan tentu saja fisik pembalap. Butuh strategi cerdik agar bisa mempertahankan ritme balap hingga lap terakhir (20 lap),” tandas Team Director Suzuki IRC U Mild AHRS Asep Hendro alias juragan.



Duet pembalap Yamaha FDR Petronas Star Racing Hokky Krisdianto dan Denny Triyugo sadar Jupiter Z mereka sangat kompetitif buat kelas Indoprix 1 atau IP1 (Motor Bebek 4-Tak Tune-Up 110 cc). Wajar saja sejak lap pembuka Hokky sudah bisa menyodok di posisi pertama.

Meski begitu ia tidak lantas terburu-buru mempertahankan keunggulannya. Ia tahu balapan masih sisa 12 lap lagi dan suhu sirkuit sangat panas. Strategi yang tepat menuntun Hokky naik podium pertama di kelas IP 1 melalui manuver cantik di tikungan terakhir melewati Wahyu Widodo dari Suzuki IRC U Mild AHRS) yang akhirnya menempati posisi kedua. “Balap memang tak sekedar motor kencang, meski Sentul panas luar biasa hari ini, dan persaingan luar biasa tapi hati tetap harus dingin. Dalam kecepatan tinggi, dalam hitungan detik kita harus bisa memutuskan strategi yang jitu,” tegas Hokky.

Senada dengan Hokky, pembalap tim Suzuki IRC U Mild AHRS Wahyu Widodo mengatakan membalap dengan para pembalap seeded di Indoprix memang butuh ketajaman strategi. “Hari ini mesin sebenarnya tidak ada masalah tapi memang strategi saya meleset, untuk kedepannya pengalaman hari ini bisa menjadi pelajaran” ujar pembalap Suzuki IRC U Mild AHRS ini dengan nada optimis. Saat putaran pertama IP1 Wahyu hanya di urutan keenam dan untuk putaran kedua di posisi kedua. Hasil total dari kedua putaran ini membukukan Wahyu Widodo diposisi kedua dengan total poin 55. Untuk klasemen sementara posisi Wahyu Widodo masih diatas Hokky yaitu peringkat ketiga dengan total poin 30, sedangkan Hokky di urutan kelima dengan total point 28.

Kawan satu tim Wahyu, M. Fadli yang pada kualifikasi sabtu (9/4) kemarin berhasil memperoleh pole position (start dari urutan pertama) harus menelan pil kekecewaan pada hari raceday (10/4). Kerusakan pada klep dan karburator membuat pembalap Suzuki IRC U Mild AHRS ini tidak dapat menyelesaikan balapan dengan baik. IP1 kelas 110 cc putaran pertama M Fadli berada pada posisi ke 10 dan putaran kedua di urutan ke enam. “Mesin motor saya hari ini sedang tidak dalam kondisi prima, baik di kedua kelas 110 cc dan 125 cc mesin saya mengalami masalah. Semoga saja pada Indoprix ketiga nanti saya bisa mengejar poin yang tertinggal di seri ini” ujar M Fadli dengan mimik serius.



Sementara itu, pertarungan di kelas IP2 (Motor Bebek 4 Tak Tune-Up 110 cc) seperti melihat video rekaman seri perdana dimana balapan didominasi duel ketat pembalap Kawasaki ELF IRC NHK Rextor Manual Tech Hadi Wijaya dan wild card dari BRT Indopart KBC Rey Ratukore. Rey berhasil finish pertama, dan kemenangan ini menutup kiprah Rey di Indoprix dengan manis. Pasalnya, sebagai pembalap wild card ia hanya berhak ikut dua seri dan poin kemenangannya tidak dihitung.

Selisih waktu para juara di dua race seri kedua Indoprix 2009 yang tipis merupakan indikasi bakal ketatnya pertarungan tahun ini. Karena itu seri ketiga Indoprix yang akan berlangsung di Sirkuit Kenjeran Surabaya pada 7 Juni tak boleh dilewatkan. Pasti lebih seru, karena sirkuit yang awalnya buat gokart ini punya karakter yang berbeda 180 derajat dengan Sentul.


Hasil akhir Kejurnas Indoprix seri 2 Sentul, Bogor-Jawa Barat
IP 110cc
No Nama Pembalap Team Jenis Motor Poin
1 Denny Triyugo Petronas FDR Star Yamaha 31
2 Hadi Wijaya ELF IRC NHK Manual Tech Kawasaki 31
3 Wahyu Widodo Suzuki IRC U Mild AHRS Suzuki 30
4 FL Roy TDR Indopart FDR Yonk Jaya Yamaha 29
5 Hokky K. Petronas FDR Star Kawasaki 28
6 Dedi Fermadi Kephot Federal Indopart KBC Yamaha 25

IP 125cc
No Nama Pembalap Team Jenis Motor Poin
1 Rey Ratukore DRT Indopart KBC Federal Oil Honda 36
2 Dellu Agung STEBO Racing INK Honda 36
3 Hokky K. Petronas FDR Star Yamaha 26
4 H Yudhistira HRVRT BGM HBM IRC Yamaha 24
5 Hadi Wijaya ELF IRC NHK Manual Tech Kawasaki 20
6 Wahyu Widodo Suzuki IRC U Mild AHRS Suzuki 20

No comments: