Monday, January 18, 2010

MOTOPRIX 6 - Sentul : Gerbang Start Roboh, Topan Juara Nasional!



SENTUL, 18 Oktober 2009 – Rafid Topan dari tim Yamaha Yamalube Rafid Poppy HDS IRC benar-benar ingin mengukuhkan diri sebagai juara Nasional yang tak terkalahkan. Walaupun dari hasil balap Kejurnas Motorpix di Yogkarta terakhir sudah menunjukkan dirinya sebagai pemenang, tetap saja ia berlaga penuh semangat di Sirkuit Karting Internasional Sentul, Bogor (18/10).

Di seri grand final ini, hal yang unik sempat terjadi. Gerbang start yang berdiri dengan bantuan mesin kompresor udara roboh karena listrik mati. Akibatnya, kompetisi balap Kejurnas Motoprix sempat dihentikan. Akibat dari gerbang yang roboh ini, para pembalap hanya menempuh tiga perempat dari total 17 lap yang direncanakan awal dan hanya diberi nilai setengah dari poin penuh. Ini berlaku menurut regulasi IMI karena perhitungan dari total keseluruhan lap belum terpenuhi.



Walaupun nilai pada babak kelas MP1 ini terpotong menjadi setengahnya, Rafid Topan tetap memimpin klasemen dengan nilai yang berselisih jauh yaitu sebesar 35 poin untuk dikejar para rivalnya. Topan pada balap race pertama dan kedua kelas MP1 (Bebek 4 Tak Tune Up 110 cc) mengumpulkan nilai total sebesar 35, sedangkan Gilang Pranata Sukma Yamaha Yamalube FDR Trijaya yang menyusul di posisi kedua mendapat nilai 32,5 dan posisi ketiga Irvan Chupenk dengan nilai 19.



Dewi Fortuna belum berpihak pada pembalap pemula yang baru saja pindah ke kelas seeded Motoprix, Rizaluddin Sidqi dari Suzuki IRC U Mild AHRS yang terpaksa harus DNF di race pertama. Sidqi yang awalnya sempat berada di garis depan bersama Topan dan Gilang pada kelas MP1, tergelincir karena aspal trek yang licin karena hujan. Sementara untuk kelas MP2, Sidqi menyelesaikan balap di putaran pertama pada urutan ke 11 dan race kedua di urutan kedelapan. Namun secara total poin untuk kelas MP2, Sidqi berada diurutan kelima besar dengan total poin 111. “Kami yakin Sidqi sudah berusaha semaksimal mungkin, namun di balapan banyak faktor-faktor lain, mungkin tahun ini Sidqi kurang optimal dan kurang beruntung, kami berharap tahun depan akan lebih baik,” kata Ahmad Nasyiruddin Brand Manager U Mild sebagai sponsor.

Untuk kelas total pon keseluruhan kelas MP2 (Bebek 4 Tak Tune Up 125 cc) poin kembali diberikan secara utuh dengan perolehan nilai total diraih masih oleh Rafid Topan dengan poin 50, Rey Ratukore meraih posisi kedua di poin 33 dan selisih 1 poin adalah Gilang Pranata Sukma.

HASIL KLASEMEN TOTAL MOTOPRIX 2009
Bebek 4 Tak 110 cc Tune Up Seeded (MP1) : Poin
1. Rapid Topan (Yamaha Yamalube Rafid Poppy HDS IRC) 241
2. Diaz Kumoro Djati 152
3. Gilang Pranata Sukma (Yamaha Yamalube FDR Trijaya) 127,5
4. Adi A.W 99,5
5. feizy 97,5
6. Rizaludin Sidqi (Suzuki IRC U Mild AHRS) 97,5

Bebek 4 Tak 125 cc Tune Up Seeded (MP2) : Poin
1. Rapid Topan (Yamaha Yamalube Rafid Poppy HDS IRC) 210
2. Diaz Kumoro Djati 158
3. Gilang Pranata Sukma (Yamaha Yamalube FDR Trijaya) 152
4. Adi A.W 132
5. Rizaludin Sidqi (Suzuki IRC U Mild AHRS) 111

No comments: