Monday, January 18, 2010

ARRC 1 - Sepang : Pembalap Indonesia Berjatuhan

SEPANG, MALAYSIA, 12 April 2009 – Hujan deras serta angin kencang yang mengguyur sirkuit utara Sepang, Malaysia pada saat race kedua kelas underbone 115 cc Asia Road Racing Championship Seri 1 Malaysia (12/04) tak menguntungkan para pembalap Indonesia. Kondisi cuaca buruk ini membuat para pembalap Indonesia satu persatu gugur. Hadi Wijaya dari Kawasaki ELF IRC, Florianus Roy, Sigit PD, Rain Doni, Anggi Permana, dan Fitriansyah Kete dari U Mild U Bikers Racing Team jatuh karena trek licin dan akhirnya tercatat DNF (Did Not Finish). Padahal saat race pertama di pagi hari, pembalap Indonesia mendominasi podium kemenangan, dimana Hadi Wijaya finish pertama dengan catatan waktu 20.26.172, diikuti Hokky Krisdianto dari Petronas Sprinta Yamaha Indonesia (20.26.197) dan pembalap dari U Mild U Bikers Indonesia, Fitriansyah Kete di urutan ketiga.



Terdapat total 10 pembalap yang tergelincir, enam pembalap Indonesia dan empat pembalap Malaysia. Kete dan Anggi sudah jatuh lebih awal di lap kedua, Rain Doni terhempas di lap ketiga, lantas lap keempat giliran Hadi Wijaya terpelanting keluar lintasan karena trek licin. Harapan tinggal bertumpu pada Hokky Krisdianto. Hokky tidak terpancing emosi ketika mantap di posisi 3, beberapa kali dia bisa mengambil alih M Iskandar Raduan dan menjadi duel yang cukup menarik. Sayang, menginjak lap 10 Hokky juga terjatuh cukup keras.



Tumbangnya para pembalap Indonesia menguntungkan pembalap Malaysia yang mengikuti di grid belakang, sehingga pada race kedua ini pembalap Malaysia terlihat merajai posisi sepuluh besar. Ahmad Fazli Sham dari team Shell Advance Yamaha Maju Racing Team Malaysia berhasil naik podium pertama diikuti rekan senegaranya Md Iskandar Raduan dan Elly Idzliaikmal Illias pada posisi ketiga. Hokky Krisdianto dan Denny Triyugo dari Petronas Sprinta Yamaha Indonesia harus bisa menerima hasil mengecewakan karena menyelesaikan lomba diurutan ke-11 dan 13. Sementara pembalap U Mild U Bikers Racing Team dari Yogya M. Raka Sebastian juga harus puas berada di urutan 22 dari total lomba 13 laps dengan jarak tempuh 36.491 km.



Hasil akhir untuk dua putaran kelas bebek 115 cc ini, Ahmad Fazli Sham dari Malaysia menempati urutan pertama dengan poin 36 diikuti oleh rekan senegaranya Md Iskandar Raduan poin 29 lalu Hadi Wijaya dan Hokky Krisdianto dari Indonesia pada urutan ke-3 dan 4 dengan total poin yang sama 25. Pembalap Indonesia lain dari tim U Mild U Bikers Racing Team yaitu Kete hanya mendapat poin 16, Denny 11, Rain Doni 6, dan Anggi Permana hanya 3 poin. M Raka Sebastian berada di posisi 27 tanpa perolehan nilai. Sama halnya dengan Sigit PD dan Florianus Roy juga tidak mendapat point karena tercatat DNF di race pertama dan kedua. Para race pertama Roy jatuh karena senggolan antar motor, sementara Sigit PD mengalami kegagalan pada motornya karena permasalahan di piston.



Mengomentari pertandingan hari ini, Kete mengatakan balapan di Sirkuit Sepang kali ini memang bukan milik pembalap Indonesia. “Kita semua sudah berusaha mengantisipasi kondisi trek, ternyata motor tetap susah dikendalikan, karena trek terlalu licin. Tapi saya optimis dengan poin 16 yang didapat bisa mengejar ketinggalan di seri kedua di Jepang nanti. Kondisi trek licin ini menambah pengalaman kita agar lebih berhati-hati di seri kedepan,” tegas Kete.

Menambahkan Kete, Brand Manager U Mild Yasin Tofani Sadikin sebagai sponsor mengatakan hasil pertandingan di seri pertama ini bukanlah kegagalan, karena tim sudah maksimal mempersiapkan semua hal namun ternyata kondisi di trek membuat team harus menerima kekalahan dengan besar hati. “Banyak yang baru kali ini balapan di Sepang, bahkan mereka jarang balap di sirkuit resmi, jadi pelajaran agar mereka bisa lebih memahami karakter sirkuit di luar negeri dan untuk kedepannya lebih berhati-hati saat hujan,” tandas Tofani.

Sementara itu di kelas Supersport 600 cc, pembalap Indonesia bisa tampil lebih baik. Di race kedua Harlan Fadilah dari Petronas Sprinta Yamaha Indonesia berhasil finish terdepan dengan catatan waktu 36.56.314, diikuti Md Zamri Baba, Petronas Sprinta Yamaha Malaysia dengan waktu 37.04.284 dan Decha Kraisat dari Petronas Sprinta Yamaha Thailand di posisi ketiga dengan waktu 37.43.159. Teman satu team Harlan, Sudarmono harus puas di grid kelima, setelah Ahmad Fuad Baharudin dari Malaysia.

Hasil ini cukup mengejutkan, karena saat race pertama Supersport yang berlangsung selama 25 lap ini, podium dikuasai para pembalap Thailand. Chalempol Polamai dari Petronas Sprinta Yamaha Thailand berhasil finish pertama di race pertama dengan catatan waktu 28:21:569 dan mencatat best lap 1:07:338, diikuti Decha Kraisat, Petronas Sprinta Yamaha Thailand dengan waktu 28:21:698 serta di posisi ketiga Ahmad Fuad Baharudin, Petronas Sprinta Yamaha Malaysia dengan catatan waktu 28:22: 043.

No comments: