Monday, January 18, 2010

ARRC 6 - Zhuhai : Indonesia Nomer Dua Asia



ZHUHAI, CINA, 12 Desember 2009 – Semangat tinggi para pembalap Indonesia di pagelaran bergengsi Asia Road Race Championship 2009 (ARRC) seri enam (13/12) begitu tinggi. Dua tim Indonesia untuk kelas Underbone 115 cc, U Mild U Bikers Indonesia Racing Team dan Yamaha Petronas FDR Racing Team harus mengakui ketangguhan para pembalap Malaysia. Md Affendi Rosli yang berhasil keluar sebagai juara pertama Asia di gelaran bergengsi ini. Untuk klasemen tim, U Mild U Bikers Indonesia Racing Team berada di posisi kedua terbaik dengan poin 175 dan Yamaha Petronas FDR Racing Team berada pada posisi keempat dengan poin 160.

Brand Manager U Mild Ahmad Nasyiruddin yang ditemui di paddock U Mild U Bikers Indonesia Racing Team menyatakan tetap merasa puas walaupun dari hasil klasemen pembalap, poin tertingginya hanya berada di posisi kelima. “Dalam balap apapun bisa terjadi tapi saya bisa melihat perlawanan yang cukup sengit dari para pembalap tim kami. Walaupun demikian saya cukup puas dengan hasil yang diperoleh tahun 2009 ini, pada tahun 2008 posisi tertinggi berada di urutan ketujuh dan overall team tidak masuk tiga besar. Kali ini secara keseluruhan poin, tim kami berada di posisi kedua, saya berterima kasih kepada seluruh elemen pada tim kami,” tandas Nasyir. Nasyir juga menegaskan bahwa timnya akan kembali pada musim balap 2010 dengan tiga pembalapnya, Florianus Roy, Anggi Permana dan Adam Said.



Posisi para pembalap Indonesia sempat hampir turun karena beberapa insiden pada race pertama, namun akhirnya sang merah putih dikibarkan oleh Denny dari tim Yamaha Petronas FDR Racing team, pembalap Indonesia lainnya seperti Hokky Krisdianto berada pada posisi keempat diikuti oleh Anggi Permana dari U Mild U Bikers Indonesia Racing Team di posisi kelima dan rekan satu tim Anggi, Fitriansyah Kete di urutan kesepuluh. Anggi hanya bisa mencapai posisi kelima dikarenakan baut knalpotnya terlepas dan Kete mengalami jamming pada mesin. Anggi dan Kete berhasil menyumbangkan 17 poin pada race pertama. Pembalap yang dijagokan bisa mengalahkan Rosli di puncak poin klasemen, Florianus Roy terjatuh pada lap ketiga kemudian disusul oleh Sigit PD pada lap keempat. Roy dan Sigit terjatuh dikarenakan bekas ceceran oli yang licin pada trek balap. Pembalap M Raka Sebastian pun ikut terjatuh pada lap keempat, Raka tertabrak motor pembalap Malaysia, Md Iskandar Raduan.

Sementara race pertama penuh dengan pembalap yang berjatuhan, race kedua pun berlangsung lebih seru dan sengit. Hokky Krisidianto yang sejak balap pada musim pertama hingga kelima sering mengalami nasib yang kurang beruntung karena gagal mesin akhirnya bisa menikmati podium pada race kedua. Hokky berhasil duduk di posisi ketiga yang lalu diikuti oleh Florianus Roy. Pembalap yang pada hari sabtu (12/12) berhasil merebut waktu tercepat, Roy, berusaha mengejar ketinggalannya akhirnya Roy akhirnya berhasil meraih posisi keempat. Posisi ini diraih dengan susah payah mengingat silinder head motor bernomer 92 miliknya jebol. Namun kejadian ini tidak mengurangi optimisme Roy, tahun depan ia berjanji akan mengejar podium ARRC 2010 masih dibawah bendera tim U Mild U Bikers Indonesia Racing Team. “Tentunya saya tidak gembira dengan hasil dari balap pertama, namun ini bisa menjadi pelajaran dan pengalaman untuk balap saya tahun depan di ajang ini,” ujar Roy optimis.

Pada race kedua, rekan satu tim Roy, Sigit PD pun berhasil finish di posisi keenam, Rain doni posisi ketujuh, Fitriansyah Kete kesepuluh dan M Raka Sebastian pada urutan kelima belas. Anggi Permana harus berhenti pada lap kedelapan karena permasalahan dengan mesin. Semoga saja pada ARRC 2010, Indonesia bisa memperbaiki posisinya kembali menjadi yang pertama di level Asia. Sampai bertemu di tahun 2010!

No comments: