Monday, January 18, 2010

INDOPRIX 3 - Surabaya : FADLI DAN HOKKY BERBAGI GELAR



SURABAYA, 7 Juni 2009 – Pembalap tim Suzuki IRC U Mild AHRS M Fadli dan pembalap Yamaha Petronas FDR Star Motor Hokky Krisdianto masing-masing merebut predikat juara dari dua kelas utama yang disajikan dalam kompetisi Kejurnas Indoprix 2009 seri 3 di sirkuit Kenjeran, Surabaya (7/6). Dua andalan dari dua pabrikan berbeda, saling berbagi gelar. Sementara Hokky mengantongi juara pada kelas IP1 (bebek 4 tak 110 cc seeded)., Fadli sukses meraih podium kelas bergengsi IP2 (bebek 4 tak 125 cc seeded) Kedua pembalap ini adalah rival berat, Fadli adalah Juara Indoprix 2007 untuk kelas IP1 dan IP2, sedangkan Hokky juara kelas IP1 dan IP2 Indoprix 2008.

Pembalap yang minggu lalu juga menjuarai Kejurnas Supersport kelas 600 cc ini kembali memperoleh poin sempurna 50 dengan menjuarai kedua putaran balap kelas IP2. Fadli yang pada saat babak kualifikasi kemarin berhasil merebut pole-position, sempat tercecer di lima terdepan pada saat balap akibat permulaan start yang kurang baik. Namun kelebihan pada seting motor yang prima dan mampu memanfaatkan momen top speed yang baik, Fadli melibas satu persatu rivalnya termasuk Hokky Krisdianto. Dengan menyalip Hokky, Fadli berhasil merebut posisi terdepan hingga akhir pertandingan dengan total 30 lap. “Lintasan Kenjeran sepanjang 1 km dipenuhi handycap 10 tikungan. Jadi butuh perjuangan ekstra, baik stamina maupun ketahanan mesin, namun Kenjeran tidak lagi menjadi momok bagi Fadli, dia sudah membuktikan tahun lalu bisa menaklukkan Kenjeran yang kurang bersahabat terhadap pembalap non Yamaha,” tandas Brand Manager U Mild Ahmad Nasyiruddin sebagai sponsor Fadli.



“Ramuan final-gear yang dipatok 13-42 butuh kejelian menggantung RPM mesin hingga saat peak-performance di trek lurus utama dapat lebih maksimal. Tenaga lebih mulur dan siap memotong lawan di tikungan pertama yang parabolik,” tambah M Fadli yang tampak sumringah usai naik podium. Rekan setim M Fadli, Wahyu Widodo terjatuh saat di race pertama, namun di sesi kedua berhasil naik podium di urutan ketiga.

Demikian pula yang terjadi dengan kompetisi balap kelas IP2 putaran kedua, Fadli kembali memimpin klasemen, diikuti oleh Hokky Krisdianto pada urutan kedua dan rekan satu tim Hokky, Denny Triyugo di posisi ketiga. Sigit PD dari Yamaha TDR Indopart FDR Yonk Jaya menyelesaikan balap pada urutan keempat dan urutan kelima H. Yudistira dari HRVRT BGM-HBM IRC. Sementara sepak terjang tim anyar asal pabrikan Kawasaki Elf IRC NHK Rextor Manual Tech dengan pembalapnya Hadi Wijaya tampil kurang prima di sirkuit Kenjeran yang terkenal memiliki karakter semi high-speed. Hadi start di grid keenam-belas, race perdana cukup di peringkat ketujuh, sedang race keduanya tidak finish.

Di kelas bergengsi IP1, Hokky yang berasal dari Muntilan, Jawa Tengah melenggang sejak start hingga finisih. Pasalnya beberapa rivalnya mengalami kendala pada kinerja mesin di race awal. M Fadli misalnya, yang start dari grid keenam mesinnya mendadak macet di lap awal, juga beberapa petarung lainnya yaitu Denny Triyugo, M Nurgianto (Honda Banten NHK FDR) dan Florianus Roy (Yamaha TDR Indopart FDR Yonk Jaya). Bahkan di race kedua IP1, kembali M Fadli menemui kendala mesin. Rekan setim Fadli, Wahyu lebih beruntung bisa masuk di podium keempat.

Berdasar poin keseluruhan dari dua babak IP1, maka setelah jawara direbut Hokky, kemudian runner-up IP1 diperoleh H. Yudistira, selanjutnya Sigit PD di tempat ketiga. Di urutan keempat dan kelima berasal dari satu tim yang sama Suzuki Top1 BRT SHC FDR Chia Felix, Achmad Kohar dan Owi Nurhuda. Tim Kawasaki sendiri hanya masuk di barisan delapan besar dalam dua babak balapan.



Asumsi yang menghangat, riset awal settingan kudapacu Kawasaki lebih cocok di sirkuit panjang high-speed seperti di Sentul, Bogor. Catatan penting dari persaingan di IP1 dan IP2 seri III Indoprix 2009 menunjukkan indikasi bahwa pembalap diluar region Jawa menunjukkan perkembangan signifikan. Macam H Yudistira yang berasal dari region IV (Kalimantan) sukses memperoleh peringkat kedua IP1 dan kelima di IP2. Boleh jadi kedepan mereka lebih memberi ancaman serius dan siap mengambil alih dominasi beberapa tim unggulan.

Point Klasemen Indoprix seri 3 Surabaya
Kelas IP1/110
1. Hokky Krisdianto 50 poin
2. H. Yudistira 33 poin
3. Sigit PD 31 poin
4. Ahmad Kohar 21 poin
5. Owi Nurhuda 19 poin

IP2/ 125
1. M Fadli 50 poin
2. Hokky Krisdianto 40 poin
3. Denny Triyugo 29 poin
4. Sigit PD 22 poin
5. H. Yudistira 21 poin

No comments: