Monday, January 18, 2010

Mufli Wakili Manado ke Grand Final



MANADO, 31 Mei 2009 – Meski dibawah teriknya panas matahari, para pembalap Sulawesi tetap memacu motor sekencang-kencangnya di Sirkuit dadakan Mega Mas di pinggir pantai laut Sulawesi. Hembusan angin laut sedikit menyegarkan adrenalin mereka yang tinggi saat bersaing ketat memperebutkan podium juara di arena road race U Mild U Bikers Festrack 2009 seri ke-3, Manado, Minggu (31/5). Dua pembalap seeded Sulawesi Mufli Cheper Moohan (#28) dari Yamaha ADM Bolaang Mongondow, Enrekang dan Ermal Wijaya (#99) dari Yamaha Damdi JRT-H Caing Makassar saling mengejar selama 20 lap. Di lintasan sepanjang 0,75 km ini Mufli akhirnya berhasil menjadi yang tercepat di kelas Bebek 110 cc 4 tak tune up seeded (MP1) diikuti Ermal dan Imam Yusuf (#81) dari tim Yamaha Ijo Lumut, Jayapura Papua di tempat ketiga. Ketiganya memakai motor Yamaha Jupiter Z.

Mufli yang start dari grid pertama, bisa terus mempertahankan posisinya baik di race pertama maupun kedua dan meraih nilai sempurna 50. Mufli juga mencatat waktu tercepat atau best time yaitu 34,769 detik dengan kecepatan 77,7 km/jam. Sementara Bobby Alfiantara (#63) dari Makassar yang menjadi juara bertahan tahun lalu di kelas MP1, dan start dari posisi kedua gagal masuk finish. Di race pertama Bobby mengalami masalah di motornya alias DNF di lap ke-11 dan begitu pula di race kedua dia hanya bisa bertarung sampai di lap ke-8. Akhirnya Ermal yang start di urutan ketiga berhasil mengambil alih posisi Bobby. Ermal finish di tempat kedua baik di race pertama dan kedua dan meraih point 40.



Mengomentari hasil pertandingan di Manado, Brand Manager U Mild Ahmad Nasyiruddin mengatakan balapan yang diikuti 139 starter ini diapreasiasi sangat baik oleh warga Manado dan sekitarnya. “Ribuan orang yang hadir menonton acara ini selama dua hari, dan dibanding dua kota seri sebelumnya, Manado yang paling ramai dan apresiatif, mungkin karena di kota ini jarang diadakan gelaran road race, apalagi yang multievent seperti U Mild U Bikers Festrack,” kata Nasyir, yang baru menjabat menggantikan Brand Manager sebelumnya Yasin Tofani Sadikin.

Sementara untuk kelas bergengsi MP1, Nasyir mengatakan dari hasil perebutan podium pertama di kelas ini, maka Mufli sebagai juara bisa melaju ke babak grand final U Mild U Bikers Festrack di Surabaya November mendatang. “Dia akan bersaing lagi dengan pembalap MP1 luar Jawa lainnya dari hasil U Mild U Bikers Festrack 2009 seri Samarinda dan Batam memperebutkan satu tiket ke Asia Road Race Championship 2010 (disingkat ARRC, dahulu bernama FIM Asian GP-red), lawan berat adalah Fitriansyah Kete dari Samarinda,” kata Nasyir. Fitriansyah Kete adalah pemenang MP1 di seri Samarinda yang tahun lalu juga menjadi juara umum untuk pembalap luar Jawa dan mendapatkan tiket balap dari U Mild untuk bertarung di enam seri ARRC 2009 di lima negara.



Sementara itu di kelas pemula, para pembalap pendatang dari Jawa yang turun dengan bendera club setempat mendominasi race MP3 dan MP4. Di kelas Bebek 110 cc 4 Tak Tune Up Pemula (MP3), podium kemenangan diraih oleh Teguh Nugroho (#78) pembalap asal Pati Jateng yang membawa bendera Yamaha Dwi Putra Yonk Jaya FDR Ternate, dan Ananto Riska (#116) asal Yogyakarta dengan bendera club Intan Raya Motor Ridlataman Sulut. Di tempat ketiga baru dikuasai pembalap Sulawesi, Bandi Harun (#8) dari HIRS IRC Flying Indonesia Racing Sport Makassar,

Kelas Bebek 125 cc 4 Tak Tune Up Pemula (MP4), masih dikuasai pembalap Jawa. Teguh dari Ananto Riska juga naik podium pertama dan kedua di kelas ini. Baru di tempat ketiga ditempati Irvan Cheger (#124) dari Trisakti Zrempet Motor Makassar.

Bobby Alfiantara, yang gagal menjadi yang tercepat di kelas MP1, masih beruntung bisa menjadi juara di kelas Bebek 125 cc 4 Tak Tune Up Seeded (MP2), disusul Iswandi Muis (#77) dari Palopo dengan timnya Yamaha ADM Bol-Mong. dan ditempat ketiga Anis HKS (#177) dari Yamaha FDR KYT AHRS Kardi Motor Pare Pare.

No comments: